Kamis, 17 Januari 2013

Titik Jenuh. F aksi = F reaksi


 “Nak, ibu seneng deh kalian rajin begini. Kemana-mana bawa buku. Ngantri makanpun bawa buku. Bahkan ibu denger ada yang sampe bawa buku ke kamar mandi. Itu keren nak, keren.. Kalian memang sudah berubah. Tapi yang ibu sayangkan kalian terlalu mamaksa diri kalian, otak kalian untuk menerima materi pelajaran ini. Belum lagi pelajarannya dari kelas satu sampe kelas tiga. Itu banyak sekali nak. Apalagi hanya dipersiapkan dalam waktu 2 atau 3 hari sebelumnya.

Kalian ingatkan pelajaran kimia yang membahas tentang pengendapan, atau  lebih tepatnya lewat jenuh itu seperti apa? Analoginya seperti ini.. misalnya kalian mau nyampurin gula sama air seember. Satu sendok, oke masih larut. Kalo 1 gelas, 2 gelas, 3 gelas juga masih larut. Tapi kalo kalian nyampurin satu ember.. pasti ada yang mengendap. Kenapa bisa seperti itu?
Karena air tersebut tidak punya kemampuan lagi untuk melarutkan gula, kuota untuk melarutkannya sudah habis, sudah sesuai porsinya. Begitu juga dengan otak kalian. Kalo kalian terus belajar ngebut seperti ini, ibu takut lama-lama kemampuan otak kalian untuk menerima materi sudah lewat titik jenuhnya. Lama-lama materi yang kalian coba paksa untuk pahami, malah terlupakan dengan percuma. Nah, coba dalam beberapa minggu kedepan, pahami benar-benar materinya. Sedikit demi sedikit asal kalian paham, secara otomatis akan lebih melekat materinya. Jangan SKS, ngebut, atau apapun namanya itu..Gak baik nak. Jangan lagi paksa secara kejam otak kalian. Karena sesuatu yang dilakukan secara terburu-buru presentase hasilnya lebih cenderung tidak selalu memuaskan. Dan sudah jelas, nanti yang namanya menyesal pasti belakangan.

Yang paling penting niatkan ini semua karena Allah. Bukan karena yang lain. Karena sesuatu yang diniatkan pada selain Allah, hasilnya akan nol. Tidak ada apa-apanya. Seperti  Hukum Newton 3 : F aksi= F reaksi , Kita gak niat karena Allah, Allah juga gak bakal niat ngasih pahala & kemudahan pada kita. Kita gak sungguh-sungguh belajarnya, maka hasil yang kita dapatkan juga akan sesuai dengan usaha kita, yaitu setengah-setengah,, jadi kalo sekarang nilainya gak memuaskan ya no problem. Tapi TUC selanjutnya kalian harus dapat dapat 8, TUC selanjutnya lagi dapat 9, TUC selanjutnya lagi dapat 9,99, dan hingga akhirnya UN mendapatkan nilai sempurna...”


Dari : GURUmu TERCINTA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar